Visi dan misi


VISI

 Menjadi Universitas yang unggul di tingkat Nasional berdasarkan nilai-nilai Islam pada tahun 2029.

MISI

 Misi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan adalah:

  1. Menyelenggarakan pembinaaan dan pengembangan Iman dan Taqwa berdasarkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan standar keilmuan nasional dan internasional terkini yang terintegrasi dengan nilai- nilai Islami
  3. Mengembangkan penelitian berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan terkini
  4. Melaksanakan pengabdian masyarakat atas dasar perkembangan IPTEK dan tanggung jawab

TUJUAN

 Menghasilkan lulusan yang memiliki nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

  1. Terwujudnya kurikulum pendidikan yang terintegrasi dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di seluruh prodi di Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
  2. Terselenggaranya proses kegiatan belajar yang bernuansa Islami berbasis nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di lingkungan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Meningkatnya nilai lulusan mahasiswa dalam bidang mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
  3. Terselenggaranya kegiatan Dakwah amar ma’ruf nahi munkar (misal : Orientasi Dasar-Dasar Islami, Kajian Putusan Majelis Tarjih, Kajian Wanita, Baca Tulis Al Quran, dll)
  4. Terwujudnya kerjasama dengan pihak-pihak eksternal dalam kegiatan pembinaan iman dan taqwa.
  5. Meningkatkan kualitas proses pendidikan dan pengajaran.
  6. Meningkatnya kualitas input mahasiswa dengan keketatan 1 : 3.
  7. Terwujudnya kurikulum berbasis kompetensi untuk seluruh program studi.
  8. Terwujudnya proses pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT).
  9. Meningkatnya nilai akreditasi seluruh program studi.
  10. Menghasilkan tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university goverment)
  11. Terwujudnya suasana akademis yang baik dalam mendukung proses pembelajaran.
  12. Terfasilitasinya kegiatan aktualisasi diri mahasiswa dalam mengembangkan soft skill dan kompetensi.
  13. Terwujudnya kegiatan pembekalan dan peningkatan kualitas lulusan.
  14. Terwujudnya kerjasama dengan pihak-pihak eksternal dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran
  15. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian.
  16. Dihasilkannya tema-tema penelitian yang aktual dan strategis, yang menjadi pedoman kegiatan penelitian bagi dosen dan mahasiswa.
  17. Dihasilkannya penelitian yang berkualitas tinggi, yang menjadi rujukan pada taraf nasional dan internasional.
  18. Diperolehnya HaKI dan hak paten serta terpasarkannya hasil-hasil penelitian tersebut.
  19. Terpublikasikannya hasil-hasil penelitian dalam berbagai media baik cetak, elektronik, atau virtual.
  20. Terwujudnya kerjasama dengan pihak-pihak eksternal dalam kegiatan penelitian.
  21. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan pengabdian masyarakat.
  22. Teridentifikasi dan tersusunnya skala prioritas persoalan-persoalan mendesak yang dihadapi oleh masyarakat.
  23. Meningkatnya jumlah dosen yang kepakaran dan keahlian dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna.
  24. Terselenggaranya kerjasama kegiatan akademik (seminar, pendampingan, advokasi dan lain-lain) bersama mitra pengguna dalam rangka memenuhi kebutuhan dan menjawab persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.
  25. Terwujudnya kerjasama dengan pihak-pihak eksternal dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.